Ruang Terapi

Terapi

Penting bagi orangtua untuk bisa segera berkonsultasi dan melakukan assessment agar anak mendapatkan treatment yang tepat. Terlebih ketika usia anak berumur 2 tahun dan terlihat mengalami keterlambatan dalam hal tumbuh kembang. Terapi yang dimulai lebih cepat juga akan memengaruhi kemajuan perkembangan anak. Kami menyediakan 4 fasilitas terapi antara lain. Terapi Wicara, Terapi Okupasi, Terapi Sensori Integrasi, Terapi Perilaku



Ruang Pusat Assemen

Assesmen

Assesmen adalah langkah sistematis bagi guru untuk memperoleh gambaran yang utuh dan menyeluruh (profil anak) mengenai kemampuan, kesulitan, dan kebutuhan anak sehingga berdasarkan gambaran/data itu dapat diambil keputusan untuk merancang pembelajaran sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan belajar anak.



Perpustakaan di sekolah inklusi memiliki peranan yang penting dalam upaya membantu meningkatkan belajar mengajar bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan adanya perpustakaan bisa membantu anak-anak berkebutuhan khusus untuk memperoleh pendidikan dan mencari informasi yang diperlukan. Mereka bisa memanfaatkaan adanya perpustakaan tersebut dengan membaca atau meminjam bahan pustaka yang ada.



Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan video.Model multimedia dalam konteks pembelajaran, terdiri dari: media presentasi, pembelajaran berbasis komputer, televisi dan video, 3D dan animasi, e-learning dan mobile learning. Beberapa manfaat multimedia diantaranya adalah: Multimedia Pembelajaran menyediakan tampilan yang menarik, Menyediakan pilihan isi pembelajaran yang banyak dan beragam, Membangkitkan motivasi siswa dalam belajar, Meningkatkan pengembangan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan, Merangsang siswa dalam proses pembelajaran, Mengakomodasi siswa yang memiliki gaya belajar visual-auditori-kinestetik, Membantu siswa yang memiliki kemampuan kognitif yang rendah dengan menyediakan proses pembelajaran sesuai dengan kontekstual.



Program minat dan bakat melalui ekstrakurikuler bertujuan mengembangkan minat, bakat, kepribadian, kemampuan, serta potensi yang dimiliki para siswa. Sehingga dapat terbentuk siswa-siswi yang kreatif, inovatif, terampil, dan berprestasi. Karena seorang Anak Berkebutuhan Khusus tidak hanya memiliki hambatan, tetapi juga memiliki bakat dan potensi yang luar biasa.


Frequently Asked Questions

Penanganan Sekolah terhadap ABK?


Kami punya tim terapis yang profesional. Terapi itu sangat penting untuk mendukung proses belajar anak

Contoh: anak yang mengalami disleksia biasa menulis terbalik-balik. Kata boneka ditulis boekan atau budi ditulis dudi. Anak seperti ini harus diterapi untuk meluruskan persepsinya. Dan itu membutuhkan waktu dan kesabaran. Saya tegaskan bahwa inklusi itu pendidikan yang sangat bermutu, nondiskriminasi. Anak-anak tidak hanya dikembangkan kognisinya tapi juga perilaku dan kepribadiannya. Ada anak yang pintar sekali tapi suka menyendiri. Ini menjadi tugas guru untuk mengarahkannya agar bisa bersosialisasi dengan teman-temannya.

Frequently Asked Questions

Tujuan setelah lulus dari Sekolah Galuh Handayani


Mereka bisa mendapatkan pekerjaan, diterima masyarakat, punya kontribusi, bisa mandiri.

Alhamdulillah, banyak alumni kami yang sudah bekerja, ada juga yang berwirausaha. Kehadiran anak berkebutuhan khusus ini justru penting untuk menciptakan kesempurnaan di dalam masyarakat.

PPDB